Yuk Ngintip Kesiapan Surakarta Gelar Asean Paragames 2022 – Bisnis.com


Bisnis.com, JAKARTA – Wali Kota Surakarta selaku Ketua Indonesia National Paralympic Organization Comittee (INASPOC), Gibran Rakabuming menyampaikan Kota Surakarta sangat siap menggelar Asean Paragames 2022.
Selain itu pihaknya sedang mempersiapkan diri untuk acara torch relay atau penyalaan api abadi yang akan digelar pada hari Minggu (24/7/22) mendatang.
Api untuk kirab obor ini akan diambil dari api abadi Merapen, Grobongan, Jawa Tengah.
Hal ini disampaikan Gibran dalam diskusi daring bertema “Indonesia Bidik Juara Umum ASEAN Para Games 2022” yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Rabu, (20/7/22).
“Ini kita sedang mempersiapkan untuk acara torch relay di hari Minggu besok. Itu acara nanti dimulai di tanggal 24 ya, kita mulai mengambil api di Merapen lalu obornya dibawa sampai ke kota di tanggal 25,” imbuhnya.
Dia mengatakan, acara kirab obor ini melibatkan para mantan atlet para games untuk meramaikan acara.
“Nanti melibatkan para mantan atlet yang akan meramaikan acara torch relay ini juga,” ujarnya.
Indonesia menjadi tuan rumah Asean Paragames ke-11 yang akan berlangsung di Kota Solo pada 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang.
Gibran mengatakan, venue-venue yang disiapkan sudah memenuhi standar dari para atlet. Sehingga, sejauh ini pihaknya belum menerima komplain apapun.
“Semuanya sudah sesuai standar dari para atlet, sudah tidak ada komplain untuk venue, ya alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar,” tuturnya.
“Yang jelas ini sudah kedua kalinya kota Solo dipercaya menjadi tuan rumah. Yang jelas di tahun ini kita lebih siap, venuenya lebih siap, fasilitas umumnya lebih siap,” ungkapnya.
Selaku tuan rumah, ia berharap, pergelaran ini dapat mengangkat dan meningkatkan perekonomian warga setempat. Sehingga pemulihan ekonomi, dapat dirasakan oleh semua pihak, mulai dari UMKM hingga masyarakat umum.
Hal yang menarik dari ajang dua tahunan ini adalah lisensi untuk maskot dan logo disediakan gratis sehingga para pelaku UMKM bisa berpartisipasi dan menggunakan logonya secara gratis.
“Saya kira ini sangat baik sekali untuk mengangkat perekonomian terutama untuk UMKM,” tandasnya.
Pemulihan ekonomi di Kota Solo dari adanya event ini, kata Gibran sangat bisa dirasakan oleh semua pihak. Baik itu para pelaku UMKM maupun hotel hingga para rental mobil dan lain sebagainya.
“Pemulihan ekonomi bisa dirasakan oleh semua pihak, baik itu dari UMKM, hotel, rental mobil dan lain-lain insha allah kecipratan dari acara ini,” tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

source


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *