IPO Hari ini, Habco Trans Maritima (HATM) Emiten BEI ke-29 di 2022 – Okezone Economy


JAKARTA – PT Habco Trans Maritima Tbk akan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Selasa (26/7/2022).
Calon emiten dengan kode saham HATM ini akan menjadi perusahaan tercatat ke-29 di BEI pada tahun 2022.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(“div-gpt-ad-1510661249458-0”); });


Mengutip laman e-IPO, Habco Trans Maritima merupakan calon emiten yang menjalankan usaha pengangkutan barang dengan menggunakan kapal laut yang dirancang secara khusus untuk mengangkut suatu jenis barang tertentu.

Rinciannya seperti angkutan barang berbahaya, limbah bahan berbahaya dan beracun, bahan bakar minyak, minyak bumi, hasil olahan, LPG, LNG dan CNG, ikan dan sejenisnya, termasuk usaha persewaan angkutan laut berikut operatornya.

Habco Trans merupakan perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam operasional kapal bulk carrier. HATM merupakan salah satu anak usaha dari PT Habco Primatama yang sudah berdiri sejak tahun 1991 dan merupakan bagian dari solusi maritim terintegrasi.

Sedangkan, induk usaha HATM, PT Habco Primatama sudah berdiri sejak 1991 dan telah mengembangkan usaha pengangkutan kapal laut dari hulu ke hilirnya. Layanan Habco Group memiliki fokus pada logistik maritim yang termasuk namun tidak terbatas pada kapal tongkang, stevedoring, floating crane, docking, dan galangan kapal.

Siap melantai di publik, Habco Trans juga telah meraup dana segar sebanyak Rp 179 miliar dari investor publik, setelah menetapkan harga penawaran umum pemegang saham di Rp 160 per lembarnya. Total IPO termasuk Konversi Hutang dan Program ESA mencapai Rp 224 miliar.
Adapun hasil penawaran umum perdana saham tersebut telah terjadi kelebihan permintaan atau oversubscribe sebanyak 57,26 kali, yang menandakan antusiasme investor publik pada HATM.
Seluruh dana segar yang diperoleh dari IPO saham akan digunakan HATM untuk membeli armada kapal bulk carrier baru, dikarenakan permintaan pasar yang sedang tinggi khususnya di industri rantai pasokan energi.
Lebih lanjut, HATM bersama dengan PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL) bekerja sama dalam pengangkutan pasokan batubara ke beberapa PLTU di Indonesia guna mendukung ketersediaan listrik di berbagai daerah. HATM juga telah melayani transportasi untuk pabrik nikel milik Tsingshan Group yang beroperasi di Indonesia.
Berita Terkait
Bagikan Artikel Ini
Berita Lainnya
© 2007 – 2022 Okezone.com,
All Rights Reserved

source


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *