Kolaborasi Pemprov DKI dan Masyarakat Jakarta Bangun Seratus Taman Maju Bersama – Okezone


Untuk membentuk lingkungan kota yang nyaman dan sehat, sesuai amanat UU Nomor 26 Tahun 2007 terkait penataan ruang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya untuk membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di berbagai area di Jakarta.
Taman Maju Bersama (TMB) merupakan konsep Ruang Terbuka Hijau berbentuk taman yang terbuka dan dilengkapi fasilitas untuk semua lapisan masyarakat di Jakarta. Ini adalah taman kolaboratif antara pemerintah dan masyarakat setempat, karena dari perencanaan, pengembangan, hingga penggunaannya melibatkan masyarakat sekitar lokasi TMB yang dibangun.
TMB juga memiliki berbagai fungsi, di antaranya fungsi ekologis RTH pada umumnya, yaitu menjaga kualitas lingkungan kota, menjaga keberlanjutan ekosistem, meningkatkan daya dukung tanah, menciptakan kenyamanan termal, area konservasi air, ruang mitigasi bencana, meningkatkan kualitas kesehatan kota, menambah estetika kota, serta dapat berfungsi sebagai ruang interaksi, rekreasi, dan kegiatan kolaborasi yang positif bagi masyarakat dan meningkatkan nilai ekonomi.

TMB lebih variatif, tematik, disesuaikan dengan karakteristik dan luas lahannya, serta dibangun secara kolaboratif bersama masyarakat. Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Suzi Marsitawati menjelaskan, pihaknya terus berupaya menyediakan berbagai fasilitas untuk mewujudkan taman nan asri dan ruang interaksi yang nyaman, di antaranya toilet umum, bangku taman, tempat bermain anak, jalur joging, serta arena berolahraga.
Suzi mengungkapkan, sebelum memutuskan untuk membangun sebuah taman, Pemprov DKI melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan masyarakat setempat untuk menggali aspirasi mereka.
Fasilitas-fasilitas lain di TMB pun memiliki keunikan tersendiri, karena dibangun sesuai dengan kebutuhan warga sekitarnya. Contohnya ada taman yang memiliki danau buatan, perpustakaan, amfiteater, area parkour dan skateboard.
“TMB ini merupakan taman kolaboratif antara pemerintah dan masyarakat setempat. Sebab dari perencanaan, pengembangan, hingga penggunaannya melibatkan masyarakat sekitar lokasi TMB yang dibangun. TMB yang ditanami berbagai jenis tumbuhan nan menyejukkan ini tidak hanya menjadi rumah bagi flora dan fauna saja, tapi juga menjadi ruang ketiga atau ruang selain rumah dan tempat kerja bagi semua warga,” kata Suzi.
Taman Maju Bersama tidak hanya membuat Jakarta lebih hijau, namun juga dapat mendorong masyarakat agar bahagia dengan kualitas hidup yang lebih baik. Jumlah Taman Maju Bersama dan Ruang Terbuka Hijau yang dibangun/ditambah pada 2022 ini mencapai 31 lokasi yang tersebar di berbagai wilayah DKI Jakarta.
Saat ini, TMB sedang dalam tahap pembangunan dan ditargetkan pada September 2022 akan selesai. Jumlah TMB pada 2018-2021 ada 69 taman. Jika ditotalkan dengan pembangunan tahun ini, maka pada akhir 2022 terdapat 100 TMB yang terbangun.
Pemilihan TMB di beberapa lokasi berdasarkan pada kebutuhan lingkungan, untuk mengakomodir pemenuhan atau penyediaan ruang terbuka hijau, yang berfungsi sebagai ruang ketiga bagi masyarakat, baik secara ekologi dan interaksi sosial.

Foto: Pemprov DKI Jakarta
TMB merupakan salah satu infrastruktur publik yang berfungsi sebagai Ruang Ketiga Publik, yang nyaman bagi warganya untuk beraktivitas maupun berinteraksi. Taman Maju Bersama lebih mengedepankan penghijauan dan minim bangunan. Seperti Tebet Eco Park yang baru direvitalisasi dan mendapat sambutan positif masyarakat luas.
Pembangunan dan penataan taman kota saat ini terus dilakukan dengan memperhatikan jejaring hijau serta biru, sebagai penghubung dan penguat poros ekologis, serta sebagai tempat interaksi sehingga kebutuhan sosial bermasyarakat dapat terpenuhi. Begitu pun dengan konsep taman grande masih terus dilanjutkan, seperti Taman Mataram dan Taman Puring.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(“div-gpt-ad-1510661249458-0”); });

(Wul)
Berita Terkait
Bagikan Artikel Ini
Berita Lainnya
© 2007 – 2022 Okezone.com,
All Rights Reserved

source


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *